Bra Khusus Usai Operasi Mastektomi

KOMPAS.com — Siapa menyangka, perempuan cantik, kaya, dan terkenal, seperti Angelina Jolie, ternyata memiliki faktor risiko kanker payudara hingga 87 persen? Aktris berusia 37 tahun ini segera mengambil langkah preventif dengan melakukan tindakan mastektomi ganda (operasi pengangkatan sebagian atau seluruh bagian payudara). Operasi dinyatakan sukses dan kini risiko yang dihadapi telah turun hingga di bawah lima persen.

Berita ini membuktikan bahwa kanker payudara bisa menyerang siapa saja. Kaya atau miskin, tua atau muda, bahkan mungkin yang sudah berusaha menganut gaya hidup sehat seperti Angie. Tindakan Angie sangat menginspirasi karena tidak semua perempuan berani dan rela membiarkan payudaranya diangkat untuk mencegah sel-sel kanker menggerogoti.

Memang, operasi pengangkatan payudara saat ini biasanya diikuti dengan rekonstruksi payudara melalui operasi plastik sehingga pengidap kanker payudara tidak perlu khawatir bentuk payudara kanan dan kiri akan berbeda jauh. Hanya, Anda tetap membutuhkan bra yang dapat menyangga kedua payudara dengan seimbang.

Berita prosedur mastektomi yang dilakukan Angie ini segera disambut oleh banyak produsen pakaian dalam wanita. Mereka menawarkan bra khusus bagi para pasien kanker payudara untuk dikenakan selepas mastektomi. Banyak dari produk post-surgery bra ini dirancang oleh para profesional di bidang kesehatan, tidak hanya untuk memberikan penyangga yang baik, tetapi juga kenyamanan.

Bra khusus pascaoperasi ini biasanya memakai model yang penuh dengan lekukan pada bagian depan yang tidak terlalu lebar. Bra ini biasanya menggunakan tali penyangga yang lebar dan dilengkapi dengan padding yang dapat menambah volume pada bagian payudara yang diangkat.

Pasien yang tidak diperkenankan menjalani rekonstruksi payudara karena alasan tertentu bisa membuat bra sendiri yang dirancang khusus sesuai ukuran payudara dan lingkar dada mereka (customized). Jika merek-merek pakaian dalam pada umumnya tidak menyediakan produk ini, Anda bisa menemukannya di Elling Bra.

Elling Bra boleh dikatan sebagai toko pertama di Indonesia yang melayani customized bra untuk pasien kanker payudara. Namun, produk Elling Bra saat ini juga dipesan oleh kaum perempuan yang memiliki ukuran dan bentuk payudara yang tidak seimbang, atau mengalami perubahan bentuk payudara akibat aktivitas menyusui.

Berkantor pusat di perumahan BSD City, Jalan Letnan Sutopo Ruko Golden Madrid 1, B No 23 Serpong, Tangerang, kini produk bra yang berdiri sejak 1998 ini juga dapat diperoleh di berbagai tempat. Di Jakarta, Elling Bra antara lain bisa diperoleh di RS Kanker Dharmais dan RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Sementara di luar kota, Elling Bra sudah terdapat di Medan, Palembang, Lampung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Manado, Mataram, dan sebagainya.

SUMBER

Penulis : Felicitas Harmandini
Editor : Dini
Kompas

0 Comments
0 Pings & Trackbacks

Leave a Reply