Health Hero : Fenny

  • prevention-health-hero

Salah satu cara merawat kesehatan payudara adalah dengan memilih bra yang tepat.

Konsep payudara yang indah haruslah sejalan dengan pemahaman seputar payudara sehat. Inilah landasan Fenny saat pertama kali menciptakan Elling Bra, sembilan tahun lalu. Elling Bra adalah suatu usaha pembuatan bra berdasarkan ukuran dan kondisi payudara masing masing pemesannya (custom-made-bra). Fenny menganggap pemilihan bra yang tepat sangatlah penting, sebab dapat memmbantu kita menjadi lebih peka terhadap segala perubahan yang terjadi pada payudara kita.

Kunci Perawatan Payudara Terletak pada Bra yang Menyangganya

Menurut wanita berusia 42 tahun ini, ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kondisi payudara kita berubah. Misalnya, pertambahan usia, gravitasi, menyusui, posisi tidur yang salah (tengkurap), pemakaian bra yang tidak sesuai, hingga kebiasaan jarang mengenakan bra saat beraktifitas sehari – hari. ” Kalau payudara turun, otomatis kondisi kulit, kekenyalan, dan bentuknya tak akan sebagus sebelumnya,” Fenny menjelaskan.

Membuat Bra Sendiri

Usaha Ellingbra dimulai Fenny secara tidak sengaja. Selama bertahun – tahun, ia merasakan sulitnya mencari bra yang pas untuk dirinya. Berbagai merek, baik produksi lokal maupun luar negeri, telah ia coba. Namun, tak ada yang bisa benar-benar menyangga payudaranya dengan baik dan nyaman. “Payudara saya cenderung sedang. Saya sadar, makin lama akan makin mengecil,”tuturnya.

Setelah melahirkan anak keduanya di tahun 1998, Fenny merasa bentuk tubuhnya kian berubah. Berbekal kemampuan menjahit yang ia pelajari dari ibunya, Fenny pun mencoba membuat sendiri brayang sesuai dengan bentuk tubuhnya. Tak lama setelah memakainya, ia merasakan perubahan. Payudaranya tampak lebih “terangkat” dan “berisi”. Banyak kerabat dan teman dekat Fenny yang memuji perubahan tersebut. Mereka pun minta dibuatkan bra oleh Fenny. Tapi, bukannya merasa puas, meeka justru mengeluhkan hasilnya.

Fenny lalu mencari tau mengapa bra yang ia buat untuk temen-temannya tak mampu menimbulkan kenyamanan seperti yang ia rasakan. Ternyata, itu karena Fenny tak memahami kondisi payudara mereka, sebagaimana ia mengenal payudara dan bentuk tubuhnya sendiri. “Saya lalu melakukan riset terhadap mereka selama dua tahun. Saya juga belajar anatomi tubuh dan stuktur payudara, dibantu teman-teman yang berprofesi sebagai dokter,”terangnya.

Setiap selesai membuat satu bra, Fenny selalu memperlihatkannya terlebih dahulu kepada teman dokternya. Apabila ada kekurangan atau butuh perbaikan, mereka akan memberikan catatan-catatan. Pemahaman Fenny akan payudara pun bertambah. Ia jadi tau bahwa payudara kita terdiri banyak jaringan lemak. Ini yang membuatnya bisa melebar kesamping, dan makin lama makin mengecil. Itu sebabnya, payudara harus disangga oleh bra yang benar. Syarat bra yang baik adalah yang mencakup seluruh jaringan payudara kedalam cup, dan tak mengganggu kenyamanan kita dalam beraktivitas.

Menumbuhkan Kesadaran Wanita

Saat ini, Fenny membuatkan bra bagi gadis berusia 10 tahun hingga yang tertua berumur 85 tahun. Menurut ibu dari dua anak ini, pengaruh dari bra buatannya akan terasa setelah pemakaian selama 4 bulan. Permukaan kulit payudara menjadi lebih halus, karena pori porinya mengecil. Titik sekitar areola (kulit berwarna gelap yang mengitari puting) juga akan berfungsi meksimal dalam mengeluarkan lemak.

sadari-03“Payudara dapat tersangga dengan kencang oleh tali bra berbahan nilon yang tidak elastis, sehinga tak kendur akibat gravitasi. Pada wanita dewasa, payudara akan mulai ‘terbentuk’ di bulan kedelapan hingga duabelas,” Fenny menjelaskan. Tentu saja, hasil ini akan didapat apabila kita mengenakannya secara rutin.

Disamping itu, Fenny juga membantu para wanita yang mengalami masalah mdis sehingga harus kehilangan salah satu payudaranya. “Pertama, kita harus memilihkan bra yang benar untuk mereka. Setelah itu, baru kita carikan alternatif isinya,” kata Fenny.

Jika setiap wanita sadar bahwa kunci perawatan peyudara terletak pada bra yang menyangganya, Fenny yakin praktik pembentukan payudara secara instan akan berkurang. Ia berharap para wanita kian sadar untuk merawat payudaranya secara serius. Bukan hanya supaya indah, tapi juga agar sehat.

Melalui Elling Bra pula, Fenny mendorong para wanita untuk melakukan SADARI (perikSA payuDAra SendiRI). Bra buatan Fenny memiliki double cup, seperti yang dikhususkan untuk ibu-ibu menyusui. Namun, double cup Ellingbra ditujukan untuk mempermudah pemakaiannya, yaitu dengan meraup semua jaringan lemak disekita payudara ke dalam cup. “Setelah dibiasakan pada posisi yang benar, jaringan payudara akan bermigrasi ke sekitar payudara. Payudara pun jadi lebih berisi,”ucapnya. Teknik meraup inilah yang secara tidak langsung membuat kita meraba dan memeriksa payudara, apakah terdapat benjolan atau tidak.

SUMBER

Oleh : Christina
Foto : Sandy Mahendra

Majalah Prevention Indonesia Edisi November 2009

 

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS
0 Comments
0 Pings & Trackbacks

Leave a Reply