Tetap Kencang & Indah Meski Hamil dan Menyusui

  • tetap_kencang_dan_indah

Ketika seorang wanita hamil, terjadi banyak perubahan pada tubuhnya karena terjadi perubahan hormoral. Payudara mengalami perubahan guna persiapan menyusui. Pada tiga bulan pertama kehamilan akan terjadi pembengkakan pada payudara.

Beberapa wanita akan merasakan sakit pada sekitar puting ketika mengenakan bra. Warna puting pun menjadi lebih gelap dan area puting melebar. Ada kemungkinan terjadi kebocoran kolostrum pada bulan terakhir kehamilan. Kolostrum adalah cairan kental berwarna kekuningan, yaitu ASI pertama yang diproduksi payudara dan memberikan imunisasi alamiah yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan.

Kehamilan terkadang membuat wanita merasa tidak nyaman. Rasa sakit akibat proses kehamilan ditambah sisi kejiwaan yang timbul seiring pertumbuhan janin. Diperlukan kesadaran tinggi, ketekunan, dan kedisiplinan agar proses kehamilan dan menyusui berjalan lancar. Terutama kesadaran untuk merawat payudara, karena ini sangat berperan dimasa menyusui, demi pertumbuhan si kecil.

Merawat payudara sebelum dan sesudah kehamilan sangatlah penting. Cara merawatnya cukup mudah, tidak perlu biaya tinggi, hanya dituntut kesadaran dan kedisiplinan.

Berikut tip merawat payudara semasa kehamilan dan menyusui :

1BERSIHKAN KULIT SEKITAR PAYUDARA

Saat mandi, usahakan daerah sekitar puting tidak terkena sabun, supaya tidak menjadi kering. Cukup cuci dengan air dan keringkan dengan handuk bersih.

2PEMAKAIAN KRIM

Pemakaian krim sangat dianjurkan. Terutama daerah sekitar puting usahakan selalu lembab, supaya lebih elastis, sehingga saat bayi mengisap, puting tidak mudah terluka.

3PEMIJATAN

Lakukan pemijatan lembut di bulan terakhir kehamilan. Proses ini sangat penting untuk membantu membuka saluran ASI.

4PEMAKAIAN BRA

Pilih bra yang ukurannya tepat. Perubahan bentuk dan ukuran payudara mencapai puncaknya pada kehamilan buka ke 7, Diharapkan pada bulan tersebut berat tubuh wanita hamil sudah stabil dan siap melahirkan. Pada saat itu mulai gunakan bra khusus untuk menyusui, sehingga ketika bayi lahir si ibu sudah siap dengan perlengkapan menyusui.

MATERNITY BRA

(UNTUK IBU HAMIL & MENYUSUI)

Payudara umumnya akan bertambah besar di masa kehamilan dan menyusui, sehingga memerlukan penyokong, agar keindahannya tetap terjaga atau dipulihkan setelah masa menyusui. Pemilihan bra yang tepat akan membantu wanita merasa nyaman saat menyusui dan yakin bentuknya tetap terpelihara.

1UKURAN YANG TEPAT

Mengenakan ukuran yang sesuai dengan payudara sangat penting selama menyusui. Bila kekecilan bisa menyebabkan infeksi seperti mastitis, yaitu infeksi kelenjar susu. Selain itu, dimasa kehamilan dan menyusui ukuran payudara tidak selalu sama. Sebaiknya wanita memiliki beberapa ukuran bra. Sangat baik jika memiliki bra yang bisa diatur ukurannya sesuai ukuran kondisi tubuh saat itu.

2SUPER KOKOH

Payudara yang besar tentu terasa berat. Bila tidak disokong dengan baik, jaringan payudara akan melorot. Selain itu payudara memerlukan penopang yang baik saat menyusui, sehingga air susu mengalir lancar.

3MUDAH DIOPERASIKAN

Terkadang si ibu harus menyusui bayinya di tempat umum. Sangatlah penting memiliki bra dan baju atasan yang memudahkan si ibu memberikan ASI. Telah banyak tersedia di pasaran bra untuk ibu menyusui, bagian cup-nya bisa dibuka-tutup, sehingga hanya bagian sekitar puting yang terlihat. Juga terdapat baju atasan yang dirancang khusu untuk ibu menyusui, sehingga hanya sebagian kecil payudara yang menyembul keluar. Contoh baju tersebut bisa dilihat di http://www.mommygear.com/shortsleeved_tops.htm

4BAHAN YANG NYAMAN

Bahan dasar pembuatan bra sangat beragam. Setiap bahan memiliki karakteristik tersendiri. Beberapa wanita memiliki alergi terhadap bahan atau aksesoris pendukung bra, seperti elastis atau renda. Pilih bra yang cocok dan nyaman, dengan memberikan porsi utama pada fungsinya, yaitu menyusui sang buah hati.

5SENAM PAYUDARA

Setelah masa menyusui, wanita lebih menyadari bentuk payudaranya, lalu akan memikirkan untuk menjaga penampilan tubuh, mengembalikan bentuk semula. Dan sudah saatnya wanita melakukan diet dan berbagai aktivitas. Untuk payudara, lakukan senam melatih otot dada dan pertahankan bentuknya agar tidak cepat kendur dan melorot.

6BRA PEMULIHAN

Senam payudara perlu diikuti dengan pemakaian bra untuk perawatan. Payudara setelah menyusui akan menjadi lembek dan terkesan lebih kecil. Ini wajar, karena tadinya payudara kencang dan membesar selama kehamilan dan menyusui. Akan sangat terlihat bedanya setelah fase tersebut berakhir. Kenakan bra khusus yang mampu mengembalikan bentuk dan kekencangan payudara. Bila Anda merawat payudara dan mengenakan bra yang tepat semasa hamil dan menyusui, tidak mustahil memiliki payudara yang tetap indah, seperti sebelumnya. (E.Saptorini)

Payudara merupakan simbol sensualitas wanita. Keindahannya yang mencakup bentuk, ukuran, kekenyalan, dan proporsi kerap dinilai secara relatif oleh pemilik maupun pasangannya. Wajar setiap wanita selalu ingin tampil menawan, meski kadang banyak hambatan, mengingat fungsi ganda sebagai individu dan juga ibu.

SUMBER

Tabloid : Gaya Hidup Sehat
Edisi : 457/18-24 April 2008

 

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS
0 Comments
0 Pings & Trackbacks

Leave a Reply