Tips Memilih & Memakai Bra yang Tepat

  • tips_memilih_bra

Tidak semua wanita menyadari bahwa bentuk, keindahan,  dan kesehatan payudaranya ditentukan oleh gaya hidup  dan perlakuan sehari-hari yang diterima oleh payudara. Padahal, teratur berolahraga, menyantap makanan sehat,  tidak merokok atau minum alkohol, sangat berperan dalam  menentukan keindahan bentuk payudara.

Sikap sehari-hari untuk memperlakukan payudara secara  lembut, posisi tidur telentang (tidak telungkup), posisi  berdiri tegap, cara duduk yang benar, dan pemakaian bra  yang tepat juga akan berdampak secara langsung pada keindahan bentuk payudara.

Lalu, bagaimana mendapatkan bentuk payudara yang indah alami melalui pemilihan bra yang tepat?

Perhatikan langkah-langkah berikut :

1BAHAN

Bahan pembuatan bra sangat variatif. Tidak semuanya bagus dan cocok untuk iklim di Indonesia yang cenderung panas. Pilih bahan yang nyaman dipakai dan memungkinkan sirkulasi udara. Hindari pemakaian cup bra yang terlalu tebal.

EFEKTIFITAS :

Bahan pembuat bra yang tidak nyaman dapat menimbulkan gatal-gatal di sekitar payudara, payudara berkeringat, dan membakar lemak yang merupakan jaringan penyusun payudara. Hal ini menyebabkan payudara mengecil.

2MODEL

Banyak sekali model bra di pasaran saat ini. Namun, jangan lupa akan fungsi estetika dan fungsi bra sesungguhnya, yaitu sebagai breast holder atau penyangga payudara. Bra yang seksi bentuknya, kebanyakan tidak menampung/menyangga payudara secara total. Padahal, bila payudara tidak disangga dengan baik, jaringan lemak penyusunnya akan bergeser ke daerah- daerah di sekitar, sehingga payudara tidak indah lagi bentuknya.

EFEKTIFITAS :

Boleh sesekali bra seksi digunakan, apalagi bila menggunakan gaun pesta yang tidak memungkinkan memakai bra yang meng-cover seluruh payudara. Namun, tetap gunakan bra yang menyangga dan meng-cover seluruh jaringan setiap hari.

3TALI

Tali bra yang memegang kedua payudara dan mendistribusikan gaya berat yang dialami payudara kedua bahu merupakan salah satu bagian yang sangat penting pada bra. Tali bra ini harus bisa menahan payudara agar tidak melorot karena gaya tarik (gravitasi) bumi. Tali bra yang baik adalah tali bra yang tidak melar seiring dengan berat beban yang harus disangganya. Tali bra yang melar selain tidak menyangga payudara dengan baik juga menyebabkan pemakainya merasa tidak nyaman karena sering melorot. Selain itu tali bra yang baik juga bisa diatur (dinaik-turunkan), sehingga diperoleh kondisi yang nyaman. Lebar tali bra ini juga perlu diperhatikan karena untuk payudara yang semakin besar tentu diperlukan tali bra yang lebar.

EFEKTIFITAS :

Tali bra yang nyaman adalah tali bra yang tidak elastis, sehingga bisa menyangga payudara dan menahannya dari pengaruh gravitasi bumi agar payudara tidak melorot.

4SAYAP BISA DIATUR

Jangan memakai bra yang terlalu sesak. Bra yang terlalu sesak menyebabkan pemakainya sulit bernapas. Pilih bra yang memiliki beberapa kaitan (hook) di punggung yang berbeda ukurannya. Ketika tubuh memuai karena panas, sayap bra bisa dilonggarkan agar pemakai merasa nyaman.

EFEKTIFITAS :

Sayap bra adalah salah satu bagian yang menopang payudara dari samping. Gaya berat yang ada di payudara karena berat payudara sendiri dan gaya tarik bumi didistribusikan ke arah atas yang diterima oleh tali bra dan kearah samping, yang ditopang oleh sayap bra ini. Kedua penopang ini harus bekerja bersama-sama untuk menyangga payudara.

5CUP YANG PAS

Bentuk payudara akan terlihat indah bila semua jaringan lemak terkumpul kedepan membentuk dua gumpalan yang kenyal dan penuh. Pilih cup bra yang tepat dan pas untuk payudara. Cup bra yang tepat harus menampung seluruh jaringan payudara masuk ke dalam cup bra dan menahannya tetap ada dalam cup selama pemakainya beraktifitas. Cup juga harus bisa menahan jaringan lemak yang tadinya bermigrasi karena pemakaian bra yang tidak tepat untuk tetap berada di dalam cup bra.

EFEKTIFITAS :

Cup bra yang juga berfungsi sebagai pencetak payudara sangat penting perannya dalam me3mbentuk payudara yang indah. Cup yang terlalu kecil atau besar akan mengubah bentuk payudara dan penampilan.

6NYAMAN DIPAKAI

Bra yang baik harus selalu nyaman dipakai, tidak menekan tetapi menahan payudara agar tidak bergoyang-goyang walau tubuh pemakainya sedang tergoncang-goncang. Untuk mengetahui seberapa kuat bra dapat menahan goncangan tubuh. Apabila payudara banyak berayun-ayun, berarti bra tidak menahan payudara Anda dengan baik.

EFEKTIFITAS :

Bra harus menyatu selama tubuh beraktifitas. Bra yang nyaman adalah bra yang sesuai dengan ukuran payudara dan tubuh, sehingga sangat mendukung selama beraktifitas.

7SELALU KENAKAN

Komponen terbesar penyusun payudara wanita adalah lemak. Sifat lemak ini sangat mudah bergeser apabila tidak ditopang/dipagari. Kenakan bra saat Anda beraktifitas, kecuali saat tidur. Sebab, pada saat itu tubuh perlu beristirahat dari semua pakaian dan aksesori yang mengikat.

EFEKTIFITAS :

Payudara perlu penopang/penyangga selama mungkin ketika pemakainya melakukan aktifitas. Pemakaian bra yang kontinyu akan mempertahankan posisi dan bentuk payudara dengan benar.

8JANGAN BOSAN GANTI BRA

Berat badan kita selalu tidak stabil. Hal ini mempengaruhi ukuran payudara. Lakukan pengukuran minimal 2 kali setahun. Bra yang kita kenakan ketika berat badan kita 50 kg tidak sama dengan bra yang perlu kita kenakan ketika berat badan kita 10 kg lebih ringan.

EFEKTIFITAS :

Pengukuran dilakukan untuk mengetahui perubahan dari bentuk dan ukuran payudara yang akan menghasilkan ukuran bra. Pemakaian ukuran bra yang tepat akan membuat payudara sehat, indah bentuknya, dan menambah kepercayaan diri pemakainya.

SUMBER

Tabloid GAYA HIDUP SEHAT
Edisi APRIL 2007

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • LinkedIn
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS
0 Comments
0 Pings & Trackbacks

Leave a Reply